Senin, 21 Desember 2009

ibu mia

Sistem operasi berbasis TEXT

Spesifikasi Hardware
“PROCESSOR”

Processor INTEL (Pentium I, Pentium II, Pentium III, Celeron, Pentium IV,Celeron, Intel Ceon )
Processor AMD ( Duron, Athlon, Barton, Opteron)
Processor XYRIX
Processor Transmeta dan lain sebagainya

“Motherboard”

Mother board merupakan tempat utama meletakkan peripheral computer seperti RAM, processor, keyboard, mouse, kartu grafis. Kartu suara, dan kartu jaringan.

RAM

RAM merupakan peripheral computer untuk menyimpan data sementara. Semakin besar RAM maka computer akan bekerja lebih ringan. Spesifikasi RAM biasanya di tentukan berdasarkan besar dan kecepatannya. Contoh: 16Mb, 32Mb, 64Mb, 128Mb, 256Mb, 512Mb, dan lain sebagainya

HARDDISK

Kapasitas harddisk
1Gb, 2.1Gb, 4.2Gb,6.4Gb, 10Gb, 20Gb, 40Gb, 60Gb, 80Gb, 120Gb, 200Gb, dan lain sebagainya

KARTU GRAFIS

Kartu grafis digunakan untuk menampilkan ke layar monitor. Untuk menampilkan true color diperluken spesifikasi kartu grafis yang baik. Kartu grafis yang ada di pasaran banyak macam dan jenisnya. Contoh:
NVDIA Gforce 2mx, Gforce 4mx, Gforce fx, Ati Radeon 7200, 9200, 9600, 9800, Voodoo, s3 savege dan lain sebagainya.

KEYBOARD

Keyboard yang digunakan dalam computer mempunyai beberapa port yaitu ps/2 atau usb. Serial, usb

MOUSE

Sama dengan keyboard. Mouse mempunyai beberapa port yaitu ps/2 atau usb. Serial, usb

MONITOR

ukurannya mulai 14”, 15”, 17”, 20”. Teknologi yang di gunakan juga bermacam macam mulai dari tabung, tabung flat, sampai LCD



Sound card murupakan peripheral tambahan dalam sebuah pc yang mempunyai kegunaan untuk mengolah dan menghasilkan sinyal audio.

Kartu jaringan (lan card)

Kartu jaringan merupakan peripheral utama dalam jaringan computer . masing masing computer dalam jaringan di hubungankan dengan kartu ini melalui switch hub

Partisi
Partisi merupakan pemberian bagian atau memecah ruang harddisk yang tersedia menjadi beberapa bagian. Tujuan partisi supaya datanya tidak berhamburan/ acak acakan
File system adalah metode penyimpanan dan pengorganisasian file atau media penyimpanan computer dalam mengatur lokasi file
File system di windows
- Fat(file allocation table) ------------- Fat 16
Fat 32
- NTFS(new technology file system)
Fat 16 di gunakan dalam microsoft DOS dan WIN 3x dan hanya mampu menyimpan file dengan kapasitas 2GB
Fat 32 di gunakan dalam win 98 mampu menyimpan file dan membaca file dengan kapasitas 4 terrabyte.
NTFS win 2000, xp, vista, mampu membaca dan menyimpan file dengan kapasitas 16 exabyte. Ntfs memiliki keunggulanperbaikan otomasisasi file. File security, files level compression dan mendukung dual file fork untuk machintos dan posix

Jenis jenis distro di linux
- mandrake
- suse
- red heat
- mandriva
- u buntu

file system di linux
ext 2 ---------\
untuk menyimpan instalasi linux
ext 3----------/

swap----- untuk memory cadangan besarnya 2 kali lipat dari memori
Tentang swap
Swap (memory swap) adalah area di luar memori utama (mis: di harddisk atau di media seperti USB flash disk, dll) yang digunakan oleh OS untuk memperbesar kapasitas memori virtual (memori total), sehingga kita dapat menjalankan lebih banyak program/proses dalam waktu bersamaan, dan [sebagian] memori yang dipakai program-program yang sedang tidak dipakai dapat ditukar-tukar dulu tempatnya di swap.
Swap raw partition vs swap file
Di Unix/Linux, untuk swap kita dapat memilih menggunakan partisi raw (yaitu partisi yang tidak diberi filesystem, dan langsung digunakan untuk swap area) atau juga file biasa (yang berada di atas filesystem).
Keuntungan menggunakan partisi mentah (raw partition) untuk swap:
• kecepatan yang lebih tinggi, karena overhead yang lebih rendah (tidak melalui filesystem). Namun saat ini untuk mayoritas kasus, perbedaan kecepatan ini tidaklah signifikan atau bahkan tidak relevan. Overhead filesystem ini tertutupi oleh kecepatan prosesor dan tetap lambatnya kecepatan relatif disk.
Keuntungan menggunakan file swap:
• fleksibilitas, kita dapat mengubah-ubah ukuran file dengan lebih mudah. Jika sedang 'seret' ruang disk, kita dapat menghapus dulu file swap dan memakai ruang disk untuk keperluan lain.
Bias: Penulis artikel sendiri cenderung lebih menyukai file swap, karena fleksibilitasnya.
Besar swap
Rule of thumb: Untuk mesin dengan RAM 1GB atau kurang, gunakan 2 x ukuran RAM. Misalnya RAM 512MB maka gunakan sekitar 1GB untuk swap. Untuk mesin dengan RAM 2GB ke atas, gunakan 1 x ukuran RAM. Contoh jika RAM 4GB maka buatlah swap sekitar 4GB juga.
Catatan: aturan ini tidak mutlak dan bergantung kebutuhan. Jika Anda tidak membutuhkan swap sama sekali, bisa saja tidak usah membuat/mengaktifkan swap area
NTFS merupakan singkatan dari NT File System dan FAT memiliki kapanjangan File Allocation Table. Keduanya merupakan system file yang sangat popular karena di gunakan pada system operasi Windows. NTFS merupakan pilihan utama bagi mereka yang menggunakan system operasi Windows XP karena memiliki keunggulan dari segi keamanan bila di bandingkan dengan system file yang lain.

System file sendiri mempunyai makna sebagai sebuah metode untuk menyimpan dan mengorganisir file computer beserta data yang ada di dalamnya sehingga akan mempermudah untuk mencari dan mengaksesnya,

Berikut akan saya tampilkan penjelasan dari masing-masing system file yang ada pada system operasi Windows:

FAT16
System file FAT16 pertama kali diperkenalkan pada era MS-DOS di tahun 1981. Sistem file yang sudah berumur 27 tahun ini, pertama kali dirancang untuk menangani file yang terdapat di floppy disk. Selanjutnya dengan beberapa perbaikan, system file ini mampu untuk menangani file yang terdapat pada hard disk. Keunggulan yang terbesar dari FAT16 adalah kemampuan untuk bekerja pada banyak system operasi yang berbeda seperti: Windows95/98/Me, OS/2, LINUX, dan beberapa versi dari UNIX. Sedangkan kelemahan terbesarnya terletak pada jumlah kluster yang ada pada hard disk yang juga akan bertambah besar. Pada hard disk dengan besar partisipi 2GB, setiap kluster mempunyai besar 32 kilobytes, artinya walaupun file yang terdapat pada hard disk tersebut lebih kecil dari 32KB maka pada harddisk dengan FAT16 akan menempati ruangan sebesar 32KB. FAT16 juga tidak mendukung kompresi, enkripsi dan beberapa teknik keamanan yang lain.

FAT32
System file Fat32 pertama kali diperkenalkan saat peluncuran Windows95 servise pack 2. System file ini merupakan pengembangan dari FAT16 dengan perbaikan utama terletak pada peningkatan jumlah kluster untuk setiap partisi. Dalam perjalanannya ternyata FAT31 bertujuan untuk menutupi segala kelemahan yang terdapat pada FAT16, ternyata timbul suatu masalah dengan kompatibelitas terhadap system operasi yang lain. Bila Fat16 mampu ‘bercengkrama’ dengan banyak system operasi, tidak demikian halnya dengan FAT32. windows NT, LINUX dan UNIX adalah beberapa diantara system operasi yang gagal ‘dihadapi’ oleh FAT32. Setelah muncul Windows XP, hal ini tidak menjadi masalah lagi karena Windows XP dapat di pasang dengan baik pada FAT32 sehingga mempermudah melakukan komunikasi di jaringan yang menggunakan windows XP tanpa mempedulikan system file yang di gunakan.

NTFS
System file NTFS di perkenalkan pertama kali saat peluncuran versi awal dari Windows NT. Sistem file ini sangat berbeda dengan FAT. NTFS mamberikan fitur keamanan yang sangat tinggi, kompresi data yang bagus serta enkripsi data yang susah di tembus. Sistem file ini merupakan system file default saat kita pertama kali melakukan instalasi WindowsXP dan jika kita melakukan upgrade dari Windows9x ke Windows XP maka kita akan di tanya “apakah kita juga akan menkonversi system file lama kita ke NTFS?”. Jika kita menolak untuk melakukan konversi juga tidak masalah sebab Windows XP tetap akan bekerja pada system file FAT32 tentu dengan fitur keamanan yang kurang. Yang perlu di ingat, kita bias dengan mudah melakukan konversi system file dari FAT16 atau FAT32 ke NTFS, tetapi sebaiknya, bila kita ingin mengkonversi balik ke FAT dari NTFS tidak bisa di lakukan dengan mudah tanpa menformat harddisk.
Sayangnya system file NTFS tidak bias menutupi kelemahan FAT32 dalam masalah kompatibelitas.
Dengan system operasi yang lain sehingga di sarankan bila kita menggunakan 2 sistem operasi yang berbeda dalam 1 komputer maka kita di harapkan untuk selalu menyediakan satu partisi dengan system file FAT sebagai tempat penyimpanan data recovery. Namun dengan fitur recovery yang di tawarkan/termasuk di dalam system operasi Windows XP, saya rasa pembuatan partisi FAT ini menjadi suatu yang mubazir.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NTFS DAN FAT

-FAT : File Allocation Table adalah system bekas yang menggunakan struktur table alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi.
Kelebihan : Hampir mendukung semua system operasi
Kekurangan : Tidak mendukung kapasitas di atas 32 MB

-FAT16 : Sistem bekas yang menggunakan unit alokasi yang memiliki berkas hingga 16 bit sehingga dapat menyimpan hingga alokasi 65536 buah.
Kelebihan : Hampir mendukung semua system operasi
Kekurangan : Tidak mendukung kapasitas di atas 4096MB. Boros penggunaan alokasi sector di atas 513MB

-FAT32 : Versi bekas Fat yang paling baru
Kelebihan : DApat mendukung kapasitas 8TB. Masih dapat di gunakan pada system operasi terbaru keluaran Microsoft
Kekurangan : Boros penggunaan alokasi sector di atas 120GB. Tidak kompetible dengan DOS

-NTFS : Merupakan suatu system berkas yang di bekalkan oleh Microsoft dalam keluarga system operasi Windows NT
Kelebihan : Mendukung system ekripsi, dapat mengatur Quota Volume untuk setiap partisi. Mendukung kompresi data
Kekurangan : Tidak mendukung system operasi Windows 9.X


KERNEL
Sebagai pengguna komputer, kadang kita pernah mengalami hal-hal yang membingungkan seperti komputer hank atau tidak berfungsi dengan baik, sebagai contohnya adalah ketika menggunakan OS Windows, ketika terjadi hank kadang-kadang mulcul layar biru atau di kenal dengan Blue Screen, dan biasanya ada informasi atau kata-kata KERNEL bla .. bla .. bla … sejauh ini sebagai orang awam maka jika terjadi hal tersebut maka pasti akan membooting ulang komputernya tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Nah berlandaskan hal tersebut maka ada artikel yang menarik menyangkut istilah KERNEL ..

Dalam sains komputer, kernel merupakan inti dari sistem pengoperasian yang mengatur penggunaan ingatan/memori, peranti masukan dan keluaran, proses-proses, penggunaan fail pada sistem fail dan lain-lain. Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang diberikan oleh sistem pengoperasian. Program sistem dan semua program-program lainnya yang dijalankan di atas kernel disebut user mode.Kernel Linux terdiri dari beberapa bagian penting, seperti: pengurusan proses, pengurusan ingatan, pemacu perkakasan, pemacu sistem fail, pengurusan jaringan dan lain-lain. Namun bahagian yang terpenting ialah pengurusan proses dan pengurusan ingatan. Pengurusan ingatan meliputi penggunaan ingatan, kawasan pertukaran, bahagian-bahagian kernel dan untuk cache penimbal (buffer cache). Pengurusan proses menangani penggunaan proses-proses dan penjadualan proses. Pada bahagian dasar kernel terdapat pemacu perkakasan untuk setiap jenis perkakasan komputer yang disokong.Fungsi-fungsi kernel

1. Pengurusan proses

Tugas utama sebuah system pengoperasian kernel ialah membenarkan aplikasi yang lain untuk berjalan dan menyokong mereka dengan ciri-ciri tambahan, seperti pengabstrakan perkakasan, untuk menjalan proses, kernel mesti memuat turun failnya kepada ingatan, menyediakan stack untuk program dan pergi ke lokasi yang diberikan di dalam program, ini memulakan perjalanan sesebuah program, cara ini dipanggil scheduling. Dalam sistem berbilang kerja, kernel secara asasnya akan memberikan setiap program sedikit masa dan menukarkan dari proses ke proses dengan cepat dengan itu ia akan muncul kepada pengguna jika proses ini dijalankan secara terus menerus. Kernel mesti juga menyediakan proses ini untuk berkomunikasi, ini dikenali sebagai inter-process communication. Ini kemungkinan ada multipemprosesan yang menyokong kernel tersebut.

2. Pengurusan ingatan

Kernel mempunyai akses penuh dalam ingatan sistem dan menyediakan cara-cara untuk membenarkan userland program untuk mengakses memori ini dengan selamat. Cara pertama untuk mengurus ingatan ialah virtual addressing, biasanya arkib dengan mukasurat atau segmentation. Virtual addressing membenarkan kernel untuk memberikan alamat fizikal yang muncul sebagai alamat yang lain iaitu virtual address, ini membenarkan setiap program mempercayai ia hanya satu program (sebahagian daripada kernel) yang berjalan, dan ini mengelakkan aplikasi daripada berlanggar antara satu sama lain.

3. Pengurusan peranti

Dalam arahan untuk melakukan sesuatu tugas, kernel perlu untuk mengakses perbagai peranti yang bersambungan di dalam komputer, sebagai contoh, dalam arahan untuk memaparkan pengguna apa-apa sahaja, pemacu monitor perlu untuk muncul, peranti ini boleh dikawal melalui pemacu, di mana ia mesti dibuat oleh pembangun dan/atau disediakan oleh pengilang sesuatu peranti tersebut.

Pengurus peranti pertamanya akan melakukan semakan keatas bas perkakasan yang berbeza (seperti USB, PCI), dalam arahan unruk mengesan semua peranti yang telah dipasang dan kemudiannya mencari pemacu yang bersesuaian, selepas ini, semuanya bergantung kepada jenis kernel dan rekaan kernel.

4. Sistem panggilan

Dalam arahan untuk menyediakan kerja yang berguna, program userland mesti mempunyai akses kepada semua perkhidmatan yang disediakan oleh kernel. Ini dilaksanakan secaar berbeza-beza oleh kernel yang berlainan, tetapi mesti disediakan oleh C library, dimana ia menukarkan kelemahan kesemua system panggilan, sama ada diberikan atau melalui memori yang dikongsi.
5. Shell

Shell adalah perisian atau aplikasi yang menjadi alat untuk perhubungan antara pangguna untuk berhubung dengan sistem operasi, shella akan membaca apa sahaja yang dimasukkan oleh pengguna dan memahaminya sebagai arahan untuk menjalankan perisian lain, memanipulasi fail, dan memberikan output. Shell juga turut dikenali sebagai command line interface

Terdapat pelbagai shell untuk Unix/Linux. Korn shell atau POSIX shell adalah shell yang biasa di kebanyakkan jenis unix atau linux.

Kedudukan kernel dalam sistem komputer

Kedudukkan kernel pada sistem komputer adalah pada root directory yang mengandungi kedua-dua boot program dan fail yang mengandungi kernel untuk sistem. Kernel biasanya menpunyai pelbagai nama, berbeza dari pengilang mesin antara satu sama lain, tetapi kebiasannya ia mempunyai perkataan nix supaya pengguna dapat mencarinya dengan wildcard characters. Kernel adalah inti OS (Operating System),
Kernel ada 4 katagori yaitu
• monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh
• micro kernel . kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana dan menggunakan aplikasi aplikasi yang di sebut sebagai server untuk menyediakan fungsi fungsi lainnya
• hybrid kernel yang mirip dengan micro kernel tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat
• exo kernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstrak hardware tapi ia juga menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hamper hamper langsung

format kernel
system kernel ada berupa modular dan monolitik. Sebagai contoh jika sering ganti ganti hardware system kernel yang modular akan lebih cocok dari pada system builtin. Kedua system ini mempunyai keuntungan dan kelebihan masing masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar