Sabtu, 05 Desember 2009

fat dan ntfs

NAMA : EKA PRABOWO
KELAS : X-3[TKJ]

NTFS merupakan singkatan dari NT File System dan FAT memiliki kapanjangan File Allocation Table. Keduanya merupakan system file yang sangat popular karena di gunakan pada system operasi Windows. NTFS merupakan pilihan utama bagi mereka yang menggunakan system operasi Windows XP karena memiliki keunggulan dari segi keamanan bila di bandingkan dengan system file yang lain.

System file sendiri mempunyai makna sebagai sebuah metode untuk menyimpan dan mengorganisir file computer beserta data yang ada di dalamnya sehingga akan mempermudah untuk mencari dan mengaksesnya,

Berikut akan saya tampilkan penjelasan dari masing-masing system file yang ada pada system operasi Windows:

FAT16
System file FAT16 pertama kali diperkenalkan pada era MS-DOS di tahun 1981. Sistem file yang sudah berumur 27 tahun ini, pertama kali dirancang untuk menangani file yang terdapat di floppy disk. Selanjutnya dengan beberapa perbaikan, system file ini mampu untuk menangani file yang terdapat pada hard disk. Keunggulan yang terbesar dari FAT16 adalah kemampuan untuk bekerja pada banyak system operasi yang berbeda seperti: Windows95/98/Me, OS/2, LINUX, dan beberapa versi dari UNIX. Sedangkan kelemahan terbesarnya terletak pada jumlah kluster yang ada pada hard disk yang juga akan bertambah besar. Pada hard disk dengan besar partisipi 2GB, setiap kluster mempunyai besar 32 kilobytes, artinya walaupun file yang terdapat pada hard disk tersebut lebih kecil dari 32KB maka pada harddisk dengan FAT16 akan menempati ruangan sebesar 32KB. FAT16 juga tidak mendukung kompresi, enkripsi dan beberapa teknik keamanan yang lain.

FAT32
System file Fat32 pertama kali diperkenalkan saat peluncuran Windows95 servise pack 2. System file ini merupakan pengembangan dari FAT16 dengan perbaikan utama terletak pada peningkatan jumlah kluster untuk setiap partisi. Dalam perjalanannya ternyata FAT31 bertujuan untuk menutupi segala kelemahan yang terdapat pada FAT16, ternyata timbul suatu masalah dengan kompatibelitas terhadap system operasi yang lain. Bila Fat16 mampu ‘bercengkrama’ dengan banyak system operasi, tidak demikian halnya dengan FAT32. windows NT, LINUX dan UNIX adalah beberapa diantara system operasi yang gagal ‘dihadapi’ oleh FAT32. Setelah muncul Windows XP, hal ini tidak menjadi masalah lagi karena Windows XP dapat di pasang dengan baik pada FAT32 sehingga mempermudah melakukan komunikasi di jaringan yang menggunakan windows XP tanpa mempedulikan system file yang di gunakan.

NTFS
System file NTFS di perkenalkan pertama kali saat peluncuran versi awal dari Windows NT. Sistem file ini sangat berbeda dengan FAT. NTFS mamberikan fitur keamanan yang sangat tinggi, kompresi data yang bagus serta enkripsi data yang susah di tembus. Sistem file ini merupakan system file default saat kita pertama kali melakukan instalasi WindowsXP dan jika kita melakukan upgrade dari Windows9x ke Windows XP maka kita akan di tanya “apakah kita juga akan menkonversi system file lama kita ke NTFS?”. Jika kita menolak untuk melakukan konversi juga tidak masalah sebab Windows XP tetap akan bekerja pada system file FAT32 tentu dengan fitur keamanan yang kurang. Yang perlu di ingat, kita bias dengan mudah melakukan konversi system file dari FAT16 atau FAT32 ke NTFS, tetapi sebaiknya, bila kita ingin mengkonversi balik ke FAT dari NTFS tidak bisa di lakukan dengan mudah tanpa menformat harddisk.
Sayangnya system file NTFS tidak bias menutupi kelemahan FAT32 dalam masalah kompatibelitas.
Dengan system operasi yang lain sehingga di sarankan bila kita menggunakan 2 sistem operasi yang berbeda dalam 1 komputer maka kita di harapkan untuk selalu menyediakan satu partisi dengan system file FAT sebagai tempat penyimpanan data recovery. Namun dengan fitur recovery yang di tawarkan/termasuk di dalam system operasi Windows XP, saya rasa pembuatan partisi FAT ini menjadi suatu yang mubazir.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NTFS DAN FAT

-FAT : File Allocation Table adalah system bekas yang menggunakan struktur table alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi.
Kelebihan : Hampir mendukung semua system operasi
Kekurangan : Tidak mendukung kapasitas di atas 32 MB

-FAT16 : Sistem bekas yang menggunakan unit alokasi yang memiliki berkas hingga 16 bit sehingga dapat menyimpan hingga alokasi 65536 buah.
Kelebihan : Hampir mendukung semua system operasi
Kekurangan : Tidak mendukung kapasitas di atas 4096MB. Boros penggunaan alokasi sector di atas 513MB

-FAT32 : Versi bekas Fat yang paling baru
Kelebihan : DApat mendukung kapasitas 8TB. Masih dapat di gunakan pada system operasi terbaru keluaran Microsoft
Kekurangan : Boros penggunaan alokasi sector di atas 120GB. Tidak kompetible dengan DOS

-NTFS : Merupakan suatu system berkas yang di bekalkan oleh Microsoft dalam keluarga system operasi Windows NT
Kelebihan : Mendukung system ekripsi, dapat mengatur Quota Volume untuk setiap partisi. Mendukung kompresi data
Kekurangan : Tidak mendukung system operasi Windows 9.X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar